Gimana ceritanya keterima di Zeni? [Part 1]

Woah, udah lama bgt nih gue ga update! Ya walaupun selama ini gue cuma update curhatan-curhatan galau doang sih haha. Eits! Tapi kali ini beda. Gue mau share dikit tentang pelamaan gue nyari kerjaan sampe akhirnya keterima di salah satu edtech terpopuler di Indonesia, Zenius Education.

So, gue mau jujur-jujuran aja guys. Jadi gue tuh termasuk (mantan) mahasiswa yang telat lulus. Waktu studi gue kebilang cukup lama. Yang harusnya selesai 4 tahun, gue perlu waktu menyelesaikan itu sampai 5 setengah tahun:) Gue masuk kuliah tahun 2014 dan dinyatakan lulus dari S1 Fisika IPB Januari 2020, hehe. Alesannya? Entahlah, males kali ya? Hehe. Jangan ditiru ya. Gue bukan males belajar atau jalanin penelitian. Gue seneng bgt belajar, ngulik ini-itu. Tapi... Gue males banget nulis! Apalagi kalo formatnya diatur-atur kek skripsi. Bagi gue itu ribet haha. Jadilah gue lulusnya lama dan banyak bgt dramanya sampe akhirnya gue bisa lulus tuh.

Singkat cerita gue lulus, siap nyari kerja, eh pandemi si a****g teh! /astaghfirullah, tutor Zenius ga boleh ngomong kasar/  Bete ga tuh? Yang biasanya sambil ngapply lamaran gue bisa sambil ngajar les sana-sini, ini ga bisa! Ga ada pemasukan sama sekali. Pandemi mulai merebak di Indonesia kan bulan Maret tuh? Nah pas itu gue belum kefikiran buat daftar di Zeni. Karena masih mikir, "ah, ngajar sambil direkam tuh bukan gue banget! gue bikin igstory sambil divideoin aja malu" Akhirnya gue mencoba peruntungan selayaknya lulusan-lulusan ipebeh lainnya, yaitu melamar ke Bank, hehe. Gue udah nyoba lamar Bank Mandiri, BRI, BNI, ya banyak lah pokoknya. Dari BUMN, bank swasta, sampai bank toyib. Di berbagai posisi. Dari Officer Development Program sampe Teller. Tapi ga ada satupun yang meloloskan gue ke tahap wawancara. Terus gue bingung mesti ngelamar kemana lagi ya dengan skill terbatas yang gue punya ini? Akhirnya gue mulai sembarangan apply sana sini di Lina Jobstreet, lokerId, Kalibrr, dan portal-portal job lainya buanyak banget deh! Ngelamar jadi customer service, front officer, staff admin, ya karena palingan gue bisanya ngoperasiin MsOffice doang:( Sampe akhirnya gue ditelpon sama suatu perusahaan investasi berjangka buat lanjut wawancara. Setelah gue cari-cari info eh taunya itu perusahaan bodong wkwk. Salah gue juga sih ga mastiin dari awal sebelum ngeapply.

Akhirnya gue mikir, gue ga bisa nih kaya gini. Ngapply sana sini ngelamar di posisi yang bahkan sebenarnya gue aja ga yakin gue bakal kompeten di posisi itu apa engga. Gue punya skill yang cukup apa engga buat ngisi posisi itu, karena gue belum pernah ngemban posisi itu sebelumnya. Akhirnya gue coba renungin lagi, fikirin lagi, apa sih yang gue mau? Siapa sih gue sebenarnya? Gue akan berkontribusi secara maksimal dan bisa diandalkan kalo gue ditempatin dimana? Gue hepi kalo ngelakuin apa? Akhirnya gue balik lagi ke ranah pendidikan:) Gue balik lagi nyari kerjaan yang berhubungan dengan ngajar. Tapi kali ini gue gamau cuma dari rumah ke rumah doang. Harus ada peningkatan dong? Yaudah gue coba lamar-lamar ke edtech kaya Zenius, Ruangguru, Quipper, Pahamify, Wardaya College. Ya banyak bgt lah pokoknya. Gue nunggu lamaaa banget tuh sekitar sebulan (segitu termasuk lama ga ya? hehe) ga ada yang ngehubung-hubungin juga. Sampai akhirnya, JENG JENG!!!! datanglah sebuah email.. [to be continue biar kaya Mahabarata..]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#BukaBuku: "Three Days Of Happiness" by Miaki Sugaru

Beda ya gapapa.