Gimana ceritanya keterima di Zeni? [Part 2]

Nah terakhir kan gue cerita kalo gue dapet email tuh? Pas gue cek emailnya, ternyata pemberitahuan dari Kalibbr kalo HR Zenius melanjutkan proses perekrutan atas lamaran yang gue kirim ke tahap selanjutnya. Seneng banget kan tuh gue! Oh ya, btw pas itu gue nemu lowongan Zenius tuh di Kalibbr. Gue ngelamar posisi Tutor Fisika. So buat kalian yang pengen ngelamar ke Zenius coba cari di Kalibbr aja. InsyaAllah bakal selalu mejeng di situ kok lokernya. Karena Zeni tuh selalu butuh SDM secara tiba-tiba, mendesak wkwk. Jadi ga ada tuh istilah "Oh kita udah cukup orang, ga butuh SDM lagi" Jadi rajin-rajin aja buka Kalibbr ya, hehe.

Nah intinya, gue di-invite buat ngobrol-ngobrol dikit via WhatsApp Call sama HR-nya. Kalo ga salah pas itu HR-nya ga nyebutin istilah wawancara, cuma ngobrol doang. Singkat cerita selang beberapa hari gue ditelpon. Sumpah itu gue gugup banget, udah ga jelas gue ngomong apa karena jujur itu pertama kalinya gue interview(>////<) Semua kalimat-kalimat yang udah gue siapin tiba-tiba buyar aja. Bahkan gue lebih gagap daripada Azis Gagap. HR-nya sebenarnya baik banget. Baikkk banget. Ngobrolnya juga santai, bahasanya ringan, ga mengintimidasi atau gimana-gimana haha. Pertanyaan yang diajukan juga basic banget, kaya pengalaman ngajar, style ngajarnya gimana, lingkungan kerjanya dulu gimana, kenapa tertarik di Zeni dsb. Durasi ngobrolnya kalo ga salah 45 menitan. Setelah HR-nya nutup telpon, gue udah yakin banget fix gue ga akan dilolosin ke tahap selanjutnya karena, bro, sumpah demi apapun ama anak TK aja lancaran anak TK kali ngomongnya dibandingin gue pas itu.

Eh tapi, percaya ga lo, gue dikabarin lagi dong kalo gue lolos ke tahap interview user! Gue ga ngerti atas dasar apa gue dilolosin:") Mungkin ya walau cara ngomong gue pas itu muter-muter karena gerogi, tapi poin yang gue sampein bisa ditangkep sama HR-nya kali ya, dan itu jadi suatu pertimbangan buat beliau.

Nah, tapi... sebelum lanjut ke interview user, gue dikasih challenge dulu buat bikin video pembahasan 2 soal Fisika, dan ngetik jawaban pembahasan 10 soal di Word. Kalau nanti video dan jawabannya udah oke, baru lanjut ke interview user.

Lanjut ke tahap interview user. Interviewnya dilakukan via GoogleMeet. Gue pas itu diinterview sama 2 orang tutor senior di situ. Ada 3 tahap. Tahap pertama gue diminta ngejelasin 1 materi fisika terserah materinya apa aja, dari kelas berapa aja, yang sekiranya gue kuasain banget. Yaudah gue jelasin tentang GLBB. Dan itu lu cuma dikasih waktu 3 menit buat ngejelasin. Beres tahap pertama, lanjut ke tahap kedua. Tahap kedua, gue disuruh milih 1 dari 4 soal buat gue kerjain dan gue jelasin pembahasannya. Pas itu soalnya ada tentang gaya gesek, listrik, magnet, satu lagi gue lupa apa, pokoknya yang gue pilih adalah soal tentang gaya gesek. Yaudah kan, gue kerjain dan gue jelasin dengan lancar, walau sempet ada salah hitung dikit tapi buru-buru langsung gue benerin. Nah, tahap terakhir, tahap ketiga, itu sesi ngobrol-ngobrol ama usernya. Gue ditanya kenapa tertarik gabung di Zeni? Trus menurut gue perlu ga sih anak kelas 10 belajar kalkulus turunan, integral dsb supaya fisikanya ngerti? Gimana idealisme gue dalam mengajar? Dan di akhir gue juga dikasih kesempatan buat ngajuin pertanyaan ke mereka. Tahap interview user ini pas itu kurang lebih makan waktu 2 jam.

Sekitar 3 hari kemudian, gue dapat kabar lagi kalo gue lolos ke tahap selanjutnya, yaitu interview HR. Hah??? Gue bingung dong, bukannya di awal udah pernah? Trus yang di awal kemaren itu apa? Gatau juga sih, mungkin dulu penjelasan gue kurang lengkap apa gimana, yang pasti setelah interview user, gue interview HR lagi. Di interview HR kali ini, pertanyaannya lebih spesifik ke pengalaman-pengalaman organisasi dan kepanitian gue semasa kuliah serta pengalaman kerja gue di tempat sebelumnya. Kalo gue sebelumnya cuma ngajar les di bimbel kedokteran, yaudah gue jelasin aja itu. Apa aja achievement-achievement yang pernah gue dapet. Gimana caranya higga gue bisa achieve itu, dsb.

Kelar interview tersebut, HR ngehubungin gue lagi buat minta kontak peer dan atasan gue di tempat kerja sebelumnya, buat nyari reference tentang kinerja gue dsb. Kelar tahap itu, gue nungguin tuh, seminggu, dua minggu, sebulan. eh ga dikabar-kabarin. Yaudah gue berpikiran, "Fix ini mah gue ga lolos" Yaudah gue apply-apply lagi lamar ke edtech dan lembaga-lembaga bimbel lainnya, karena ya gue butuh kerjaan coy. Dan ga bisa stuck di satu tempat kalo emang gue ga dikasih kejelasan. Nah akhirnya dari sekian banyak tempat yang gue lamar setelah itu, gue dapet panggilan interview dari Bimbel Sinotif. Yang notabenenya gue pengenin banget juga, karena temen dan beberapa kating gue udah banyak yang kerja di sana. Gajinya juga lumayan, di atas UMR Jakarta. Yaudah sikat aja kan! Gue lanjut interview, dan disuruh ngerjain soal test selama beberapa hari, eh di tengah-tengah tahap gue ngisi test, HR dari Zeni ngabarin gue lagi dong. Ngirim email kalo gue dinyatakan lolos dan keterima kerja di Zeni. Gue seneng banget sekaligus bingung tuh, hahaha! Tapi akhirnya setelah gue timbang sana timbang sini, gue ambil deh tawaran kerja di Zeni.

Kesimpulannya, kalo lu ada rencana ngelamar di Zeni, ya begitulah kira-kira proses perekrutannya, kaya yang udah gue jabarin tadi. Tapi gatau ya, mungkin aja, sekarang sistemnya ada sedikit yang berubah atau engga gue gatau. Karena tutor-tutor yang masuk sebelum gue aja tuh katanya proses rekrutmennya beda-beda, sama gue pun beda. Jadi ya pengalaman gue gabisa full dijadiin patokan juga sih.

Anyways, terhitung sampai saat gue nulis postingan ini, gue udah dua bulanan kerja di Zeni. Sekarang gue ditugasin sebagai Tutor Fisika megang Live Class Kelas 10. Dan so far so good, banget! Lingkungan kerja di Zeni bener-bener menyenangkan banget. Nanti kalo ada kesempatan lagi pasti gue ceritain di postingan selanjutnya tentang gimana sih rasanya kerja di Zeni? Hehe. Pantengin aja ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#BukaBuku: "Three Days Of Happiness" by Miaki Sugaru

Gimana ceritanya keterima di Zeni? [Part 1]

Beda ya gapapa.